STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2019
Bidang Keahlian : Teknologi Dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Ketenagalistrikan
Kompetensi Keahlian : Teknik Pendinginan dan Tata Udara
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU | |
A. Muatan Nasional | ||
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 | |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 | |
Bahasa Indonesia | 320 | |
Matematika | 424 | |
Sejarah Indonesia | 108 | |
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 | |
B. Muatan Kewilayahan | ||
Seni Budaya | 108 | |
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 | |
Bahasa Jawa | 212 | |
Jumlah A dan B | 2.198 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 | |
Fisika | 108 | |
Kimia | 108 | |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
Gambar Teknik Kelistrikan | 108 | |
Dasar Listrik dan Elektronika | 216 | |
Pekerjaan Dasar Elektromekanik | 144 | |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
Sistem dan Instalasi Refrigerasi | 490 | |
Sistem dan Instalasi Tata Udara | 524 | |
Sistem Kontrol Otomatik | 280 | |
Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara | 420 | |
Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 350 | |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 3.030 | |
Total | 5.228 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 6. Struktur Kurikulum Teknik pendinginan dan tata udara model blok
MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga,dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
3. | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Adan B | 26 | 26 | 19 | 19 | 17 | 17 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2.Fisika | 3 | 3 | – | – | – | – | |
3.Kimia | 3 | 3 | – | – | – | – | |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Gambar Teknik Kelistrikan | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Dasar Listrik dan Elektronika | 6 | 6 | – | – | – | – |
3. | Pekerjaan Dasar Elektromekanik | 4 | 4 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Sistem dan Instalasi Refrigerasi | – | – | 7 | 7 | 7 | 7 |
2. | Sistem dan Instalasi Tata Udara | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
3. | Sistem Kontrol Otomatik | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 |
4. | Kontrol Refrigerasi dan Tata Udara | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 7 | 7 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 | |
Total | 48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 7. Struktur Kurikulum Teknik pendinginan dan tata
udara model implementatif
STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2019
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU | |
A. Muatan Nasional | ||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 |
3. | Bahasa Indonesia | 320 |
4. | Matematika | 424 |
5. | Sejarah Indonesia | 108 |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 |
B. Muatan Kewilayahan | ||
1. | Seni Budaya | 108 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 |
3. | Bahasa Jawa | 212 |
JumlahAdan B | 2.198 | |
C. Muatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 |
2. | Fisika Kimia | 108 |
3. | Kimia | 108 |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
1. | Sistem Komputer | 72 |
2. | Komputer dan Jaringan Dasar | 180 |
3. | Pemrograman Dasar | 108 |
4. | Dasar Desain Grafis | 108 |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
1. | Pemodelan Perangkat Lunak | 144 |
2. | Basis Data | 280 |
3. | Pemrograman Berorientasi Obyek | 560 |
4. | Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak | 730 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 350 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 3.030 | |
Total | 5.228 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 6. Struktur Kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak model blok
MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
3. | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
JumlahAdan B | 26 | 26 | 19 | 19 | 17 | 17 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Fisika | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Kimia | 3 | 3 | – | – | – | – |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Sistem Komputer | 2 | 2 | ||||
2. | Komputer dan Jaringan Dasar | 5 | 5 | – | – | – | – |
3. | Pemrograman Dasar | 3 | 3 | – | – | – | – |
4. | Dasar Desain Grafis | 3 | 3 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Pemodelan Perangkat Lunak | – | – | 4 | 4 | – | – |
2. | Basis Data | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 |
3. | Pemrograman Berorientasi Objek | – | – | 8 | 8 | 8 | 8 |
4. | Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak | – | 8 | 8 | 13 | 13 | |
5. | Produk Kreatifdan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 | |
Total | 48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 7. Struktur Kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak
model implementatif
STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2019
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Mesin
Kompetensi Keahlian : Teknik Pengelasan
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU | |
A. Muatan Nasional | ||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 |
3. | Bahasa Indonesia | 320 |
4. | Matematika | 424 |
5. | Sejarah Indonesia | 108 |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 |
B. Muatan Kewilayahan | ||
1. | Seni Budaya | 108 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 |
3. | Bahasa Jawa | 212 |
Jumlah Adan B | 2.198 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 |
2. | Fisika | 108 |
3. | Kimia | 108 |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
1. | Gambar Teknik Mesin | 144 |
2. | Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | 180 |
3. | Dasar Perancangan Teknik Mesin | 144 |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
1. | Teknik Pengelasan Oksi-Asetelin (OAW) | 288 |
2. | Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) | 560 |
3. | Teknik Pengelasan Gas Metal (MIG/MAG) | 560 |
4. | Teknik Pengelasan Gas Tungsten (TIG) | 306 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 524 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 3.030 | |
Total | 5.228 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 6. Struktur Kurikulum Teknik Pengelasan model blok
MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
3. | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah A dan B | 26 | 26 | 19 | 19 | 17 | 17 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Fisika | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Kimia | 2 | 2 | – | – | – | – |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Gambar Teknik Mesin | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pekerjaan Dasar Teknik Mesin | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Dasar Perancangan Teknik Mesin | 5 | 5 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Teknik Pengelasan Oksi-Asetelin (OAW) | – | – | 7 | 7 | – | – |
2. | Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) | – | – | 7 | 7 | 9 | 9 |
3. | Teknik Pengelasan Gas Metal (MIG/MAG) | – | – | 5 | 5 | 8 | 8 |
4. | Teknik Pengelasan Gas Tungsten (TIG) | – | – | 5 | 5 | 8 | 8 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 | |
Total | 48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 7. Struktur Kurikulum Teknik Pengelasan model
implementatif
STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2019
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Kuliner
Kompetensi Keahlian : Tata Boga
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU | |
A. Muatan Nasional | ||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 |
3. | Bahasa Indonesia | 320 |
4. | Matematika | 424 |
5. | Sejarah Indonesia | 108 |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 |
B. Muatan Kewilayahan | ||
1. | Seni Budaya | 108 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 |
3. | Bahasa Jawa | 212 |
Jumlah Adan B | 2.198 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 |
2. | IPA Terapan | 108 |
3. | Kepariwisataan | 108 |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
1. | Keselamatan Keamanan Pangan (Sanitasi, Higienis, dan Kerja) | 108 |
2. | Pengetahuan Bahan Makanan | 108 |
3. | Boga Dasar | 180 |
4. | Ilmu Gizi | 108 |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
1. | Tata Hidang | 252 |
2. | Pengolahan dan Penyajian Makanan | 524 |
3. | Produk Cake, dan Kue Indonesia | 418 |
4. | Produk Pastry dan Bakery | 418 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 452 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 3.030 | |
Total | 5.228 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 6. Struktur Kurikulum Tata Boga model blok
MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
3. | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah A dan B | 26 | 26 | 19 | 19 | 17 | 17 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | IPA Terapan | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Kepariwisataan | 2 | 2 | – | – | – | – |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Keamanan Pangan (Sanitasi, Higienis, dan Keselamatan Kerja) | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pengetahuan Bahan Makanan | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Boga Dasar | 5 | 5 | – | – | – | – |
4. | Ilmu Gizi | 3 | 3 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Tata Hidang | – | – | 7 | 7 | – | – |
2. | Pengolahan dan Penyajian Makanan | – | – | 7 | 7 | 9 | 9 |
3. | Produk Cake, dan Kue Indonesia | – | – | 5 | 5 | 8 | 8 |
4. | Produk Pastry dan Bakery | – | – | 5 | 5 | 8 | 8 |
5. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 | |
Total | 48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 7. Struktur Kurikulum Tata Boga model implementatif
STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN 2019
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan Keuangan Lembaga
MATA PELAJARAN |
ALOKASI WAKTU | |
A. Muatan Nasional | ||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 |
3. | Bahasa Indonesia | 320 |
4. | Matematika | 424 |
5. | Sejarah Indonesia | 108 |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 |
B. Muatan Kewilayahan | ||
1. | Seni Budaya | 108 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 |
3. | Bahasa Jawa | 212 |
Jumlah A dan B | 2.198 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 |
2. | Ekonomi Bisnis | 72 |
3. | Administrasi Umum | 72 |
4. | IPA | 72 |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
1. | Etika Profesi | 72 |
2. | Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet | 108 |
3. | Akuntansi Dasar | 180 |
4. | Perbankan Dasar | 108 |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
1. | Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur | 454 |
2. | Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah | 280 |
3. | Akuntansi Keuangan | 420 |
4. | Komputer Akuntansi | 350 |
5. | Administrasi Pajak | 210 |
6. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 524 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 3.030 | |
Total | 5.228 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 6. Struktur Kurikulum Akuntansi dan Keuangan Lembaga model blok
MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3. | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | 2 | 2 |
4. | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5. | Sejarah Indonesia | 3 | 3 | – | – | – | – |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 3 | 3 | 3 | 3 | 4 | 4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 | 2 | – | – |
3. | Bahasa Jawa | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Jumlah A dan B | 26 | 26 | 19 | 19 | 18 | 18 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian | |||||||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
2. | Ekonomi Bisnis | 2 | 2 | – | – | – | – |
3. | Administrasi Umum | 2 | 2 | – | – | – | – |
4. | IPA | 2 | 2 | – | – | – | – |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Etika Profesi | 2 | 2 | – | – | – | – |
2. | Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet | 3 | 3 | – | – | – | – |
3. | Akuntansi Dasar | 5 | 5 | – | – | – | – |
4. | Perbankan Dasar | 3 | 3 | – | – | – | – |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur | – | 6 | 6 | 7 | 7 | |
2. | Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah | – | 4 | 4 | 4 | 4 | |
3. | Akuntansi Keuangan | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
4. | Komputer Akuntansi | – | – | 5 | 5 | 5 | 5 |
5. | Administrasi Pajak | – | – | 3 | 3 | 3 | 3 |
6. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 7 | 7 | 8 | 8 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 22 | 22 | 31 | 31 | 31 | 31 | |
Total | 48 | 48 | 50 | 50 | 50 | 50 |
Lebih dari 70% mapel terintegrasi dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
Tabel 7. Struktur Kurikulum Akuntansi dan Keuangan Lembaga model implementatif