Ekstrakurikuler

KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI / EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, minat, bakat dan kreatifitas dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler dan pelayanan konseling.

  1. Pramuka
  2. Tujuan

Tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan ialah:

  • Meningkatnya kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
  • Berkembangnya  bakat dan  minat  peserta  didik  dalam  upaya  pembinaan  pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Terbangunnya sikap siswa melalui kegiatan praktis dan empiris sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar untuk berkembangnya sikapnya yang sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaan pelatihan pramuka.
  • Tercapainya kompetensi yang  dapat diukur sebagai dasar penentukan evaluasi kegiatan pelatihan.
  • Strategi pelaksanaan

Strategi pelaksanaan kegiatan kepramukaan menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan meliputi tiga model strategi, yaitu;

            Model Blok

Pendidikan model Blok, wajib diikuri oleh seluruh siswa, yaitu layanan pendidikan yang diberikan pada tiap awal tahun pelajaran sebanyak 36 jam pelajaran. Model layanan sistem blok dilakukan selama satu minggu untuk merumuskan target program  dan tata nilai yang akan dikembangkan selama satu tahun pelajaran pada tiap kelompok rombongan belajar dan sistem koordinasi pada tingkat satuan pendidikan. Pada proses pendidikan sistem blok dikembangkan pula sasaran kegiatan yang akan diwujudkan pada tiap rombongan belajar.

            Model Aktualisasi

Strategi pelatihan aktualisasi, kegiatan ini wajib diikuri oleh seluruh siswa, dilaksanakan 2 jpl tiap minggu dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Progam latihan mengacu pada program tahunan satuan pendidikan, sasaran pada tiap rombongan belajar, serta mewadahi perkembangkan kepentingan actual dalam merespon proses perubahan yang berkembang di sekolah maupun di lingkungan sekitar siswa. Pembentukan sikap yang relevan dengan kebutuhan siswa belajar menjadi target utama pelatihan.

Pelaksanaan strategi pelatihan dibina oleh seorang pelatih yang telah memiliki sertifikat keterampilan mahir dasar (KMD) kepramukaan. Jadwal pelatihan ditentukan oleh Pembina serta dengan mempertimbangkan kebijakan sekolah. Pelatihan dilaksanakan di sekolah, kecuali jika pelaksanaan diperlukan di luar sekolah  setelah mendapat ijin kepala sekolah.

Pelaksanaan pelatihan pada program aktualisasi siswa tidak wajib menggunakan atribut kepramukaan. Artinya siswa dapat menggunakan pakaian seragam sekolah, maupun seragam yang ditentukan oleh sekolah. Materi pelatihan dapat mengadopsi dari kegiatan gugus depan yang diintegrasikan dengan materi pelajaran yang siswa perlu dalami dari hasil tatap muka di dalam kelas. Pendalaman materi dalam aktivitas pramuka mengarah pada penguatan pengalaman praktik di lapangan bukan untuk tambahan penguatan konsep teori.

            Model reguler

Pelatihan reguler adalah pelatihan berbasis gugus depan. Pelaksanaan pelatihan mengacu pada Undang-undang tentang Gerakan Kepramukaan nomor 12 tahun 2010. Kesertaan siwa dalam kegiatan itu bersifat sukarela serta mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku untuk gerakan kepramukaan.

Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib merujuk pada Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib dan Prosedur Operasi Standar (POS) Penyelenggaraan Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib (Sesuai Permendikbud No.63 tahun 2014).

  • Jadwal kegiatan

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku.

  • Penilaian, Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang kepramukaan.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan pramuka dilaksanakan dengan menggunakan penilaian yang bersifat otentik mencakup penilaian sikap (berdasarkan pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sebaya) dan ketrampilan (penilaian unjuk kerja). Penilaian sikap dan keterampilan menggunakan jurnal pendidik dan portofolio. Nilai yang dihimpun didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester

  • PMR (Palang Merah Remaja)
  • Definisi dan Tujuan

PMR ( Palng Merah Remaja ) adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh PMI.Terdapat di tiap tingkat PMI di seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 5jt orang.Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan PMI dan Bulan Sabit Merah Internasional,serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI

Tujuan :

  • Menguatnya kualitas dan pembentukan karakter siswa
  • Anggota PMR menjadi contoh berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya.
  • Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.
  • Anggota PMR menjadi pendidikan remaja sebaya.
  • Anggota PMR menjadi calon relawan masa depan.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan Palang Merah Remaja menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang PMR.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan PMR meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • KIS (Karya Ilmiah Siswa)
  • Definisi dan Tujuan

Kegiatan Ektrakurikuler yang dilaksanakan diluar KBM pada siswa SMKN 2 Trenggalek, tentang bagaimana cara menulis sebuah karya Ilmiah remaja tingkat SMA/SMK/MA.

Tujuan:

  • Tersalurkannya minat bakat siswa SMKN 2 Trenggalek.
  • Meningkatnya pengetahuan siswa tentang menulis karya ilmiah siswa
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan Karya Ilmiah Siswa menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang KIS.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan KIS meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Mading Dan Koran Kampus
  • Definisi dan Tujuan

Mading yaitu salah satu jenis mading atau sarana penyampain informasi dan penyaluran minat dan bakat yang dikerjakan dan dikelola kelompok tertentu serta diperuntukkan untuk halangan tertentu pula.

Tujuan:

  • Sebagai media komunikasi.
  • Sebagai wadah kreatifitas siswa.
  • Sebagai alat  penumbuh  kebiasaan membaca
  • Pengisi waktu luang
  • Membangkitkan gairah untuk berpikir.
  • Melatih siswa untuk berorganisasi.
  • Melatih kemampuan menulis
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa melalui mading
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan Mading dan Koran Kampus menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Mading dan Koran Kampus.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Mading dan Koran Kampus meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Paskibraka
  • Definisi dan Tujuan

Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari siswa-siswa di sekolah. Dengan tuujuan :

  • Melatih kedisiplinan siswa.
  • Menerapkan ilmu kepemimpinan pada siswa.
  • Menerapkan rasa kebersamaan diantara siswa.
  • Memupuk semangat kebangsaan,cinta tanah air ,belanegara,dan budi pekerti luhur.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan paskibraka menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang PASKIBRAKA.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan PASKIBRAKA meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Pencinta Alam
  • Definisi dan Tujuan

PA ( Pecinta Alam ) adalah kegiatan ektrakulikuler yang mendidik anggota untuk mencintai alam dan sadar bahwa alam adalah ciptahan Tuhan yang harus kita jaga

Tujuan :

  • Siswa sadar bahwa alam perlu di jaga.
  • Membangun kesadaran hubungan manusia dengan alam dan dengan Tuhan.
  • Wadah ekspresi siswa yang suka berpetualang di alam bebas
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan Pecinta Alam menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Pencinta Alam.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Pencinta Alam meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Drama/Teater
  • Definisi dan Tujuan

Kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media percakapan,gerak,dan laku didasarkan pada naskah yang tertulis ditunjang dengan dekorasi,musik nyanyian,tarian,dsb

Tujuan :

  • Sebagai media kehidupan siswa SMKN 2 Trenggalek.
  • Sebagai alat komunikasi siswa SMKN 2 Trenggalek.
  • Sebagai hiburan siswa SMKN 2 Trenggalek.
  • Media ekspresi siswa dalam menyajikan karyanya
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan drama/teater menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Drama.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Drama meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Tari
  • Difinisi dan Tujuan

Gerak tubuh yang teratur dengan diiringi music.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby tari.
  • Meningkatkan prestasi seni tari.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan Tari menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Tari.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Tari meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Seni Suara (Paduan Suara)
  • Definisi dan Tujuan

Seni dalam bidang tarik suara atau keindahan suara yang diringi dengan musik.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby seni suara.
  • Meningkatkan prestasi seni suara.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Seni Suara.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Seni Suara meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Seksi Kerohanian Islam (SKI)
  2. Definisi dan Tujuan

Merupakan wadah bagi siswa yang mewadahi kegiatan-kegiatan keagamaan khususnya agama Islam. Dalam SKI terdapat berbagai kegiatan diantaranya terkait qiroah, hadrah dan kajian.

Tujuan :

  • Menyiarkan agama Islam, baca Al Quran dan shalawat.
  • Menambah pengetahuan tentang agama Islam, baca Al Quran dan shalawat.
  • Menambah kecintaan terhadap Rasulullah.
  • Menambah keimanan dan ketaqwaan para siswa SMKN 2 Trenggalek.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan hadrah menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Hadrah.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Hadrah meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Basket
  2. Definisi dan Tujuan

Kegiatan olahraga kususnya basket yang dilaksanakan di luar jam pelajaran pada siswa SMKN 2 Trenggalek.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby basket
  • Meningkatkan prestasi basket.
  • Meningkatkan skill (keahlian) bermain basket.
  • Membentuk anak meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani melalui olahraga basket.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan basket menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Basket.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan Basket meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Voly Ball
  2. Definisi dan Tujuan

Kegiatan olahraga kususnya bola volly yang dilaksanakan di luar jam pelajaran pada siswa SMKN 2 Trenggalek.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby bola volly.
  • Meningkatkan prestasi bola volly.
  • Meningkatkan skill(keahlian) bermain bola volly.
  • Membentuk anak meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani melalui olahraga bola volly.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan voly ball menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang voly ball.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan voly ball meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Cinematografi
  2. Definisi dan Tujuan

Cinematografi adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita.

Tujuan:

  • Sebagai media komunikasi.
  • Sebagai wadah kreatifitas siswa.
  • Sebagai alat  penumbuh  kebiasaan membaca
  • Membangkitkan gairah untuk berpikir.
  • Melatih siswa untuk berorganisasi.
  • Melatih kemampuan menulis
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan majalah digital menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang majalah digital.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan majalah digital meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Keroncong
  2. Definisi dan Tujuan

Seni dalam bidang tarik suara atau keindahan suara yang diringi dengan music keroncong.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby seni keroncong.
  • Meningkatkan prestasi seni keroncong.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang seni keroncong.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan keroncong meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Catur
  2. Definisi dan Tujuan

Kegiatan olahraga kususnya catur yang dilaksanakan di luar jam pelajaran pada siswa SMKN 2 Trenggalek.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby catur.
  • Meningkatkan prestasi catur.
  • Meningkatkan skill(keahlian) bermain catur.
  • Membentuk anak meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani melalui olahraga catur.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan catur menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang catur.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan catur meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Takrow
  2. Definisi dan Tujuan

Kegiatan olahraga kususnya takrow yang dilaksanakan di luar jam pelajaran pada siswa SMKN 2 Trenggalek.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby takrow.
  • Meningkatkan prestasi takrow.
  • Meningkatkan skill(keahlian) bermain takrow.
  • Membentuk anak meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani melalui olahraga takrow.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan takrow menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang takrow.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan takrow meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Futsal
  2. Definisi dan Tujuan

Kegiatan olahraga kususnya futsal yang dilaksanakan di luar jam pelajaran pada siswa SMKN 2 Trenggalek.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby futsal.
  • Meningkatkan prestasi futsal.
  • Meningkatkan skill(keahlian) bermain futsal.
  • Membentuk anak meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani melalui olahraga futsal.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan futsal menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang futsal.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan futsal meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Batik
  2. Definisi dan Tujuan

Seni dalam seni rupa khusus dalam aktifitas batik tulis dalam berbagai media.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby membatik.
  • Meningkatkan prestasi seni batik
  • Memupuk cinta terhadap warisan leluhur berupa batik.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Seni membatik.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan batik meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  1. Band
  2. Definisi dan Tujuan

Seni dalam seni rupa khusus dalam aktifitas band tulis dalam berbagai media.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang punya hoby memband.
  • Meningkatkan prestasi seni band
  • Memupuk cinta terhadap warisan leluhur berupa band.
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang Seni memband.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan band meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • English Contest
  • Definisi dan Tujuan

Merupakan penyaluran bakat dan minat siswa dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak dalam berbahasa inggris.
  • Meningkatkan prestasi bahasa inggris
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang bahasa inggris.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan english contest meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan ke wali kelas pada tiap akhir semester.

  • Broadcast
  • Definisi dan Tujuan

Merupakan penyaluran bakat dan minat siswa dalam berkreasi di bidang broadcasting.

Tujuan :

  • Untuk menyalurkan bakat anak-anak dalam broadcasting.
  • Meningkatkan komunikasi siswa dalam hal penyiaran melalui media radio FM
  • Terbudayakannya sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan sesuai dengan program yang dilatihkan kepada siswa
  • Strategi Pembinaan

Strategi pelaksanaan kegiatan seni suara menggunakan pendekatan standar pengelolaan, yaitu meliputi kegiatan merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan yang disertai dengan tindak lanjut perbaikan.

Ketua Pembina wajib memenuhi dokumen perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta bertanggu jawab kepada kepala sekolah.

Jadwal kegiatan ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan dapat direvisi pada tiap akhir semester. Jadwal latihan disosialisasikan kepada seluruh pihak yang berkepentingan.

  • Sumber Anggaran

Sumber anggaran menggunakan dana kegiatan kesiswaan yang bersumber dari anggaran sekolah serta sumber anggaran lain yang tidak bertentang dengan peraturan yang berlaku

  • Evaluasi dan Pelaporan

Penilaian dilaksanakan oleh Pembina sebagai basis untuk menentukan keberhasilan pelaksanaan pembinaan siswa dalam bidang broadcast.

Nilai yang dihimpun dari kegiatan broadcast meliputi kompetensi sikap dan keterampilan yang didistribusikan wali kelas pada tiap akhir semester.